Assalamu’alaikum wr wb, Proses pemutakhiran data NUPTK tahun 2013 secara
online melalui layanan Padamu Negeri (Pangkalan Data Penjaminan mutu Pendidikan Negara Republik Indonesia) http://padamu.siap.web.id/ sudah
resmi dimulai, sejak tanggal 3 Juni dan berakhir 30 September 2013,
berdasarkan surat edaran BPSDMPK-PMP (Baca surat edarannya DISINI.
Untuk itu, kali ini saya coba berbagi tentang cara aktivasi akun login
sekolah. Aktivasi akun sekolah dilakukan oleh admin atau operator yang
ditunjuk oleh sekolah. Akun sekolah nantinya digunakan oleh operator
sekolah untuk proses pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK, untuk
mengecek dan mencari data PTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak
lembar tanda bukti verval.
Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil ke Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Perlu dipahami dan dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung selama bulan Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing.
Petunjuk penggunaan aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain..
1. Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
2. Kata Sandi/Password
3. Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
4. Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika ada)
5. Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data pendukung tersebut, berikut ini langkah langkah melakukan aktivasi akun untuk login sekolah oleh operator sekolah melalui layanan Padamu Negeri.
Pertama, buka DISINI lalu pilih dan klik menu Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar dibawah…
Di halaman tersebut terdapat kotak untuk mengisikan User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan.
Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil ke Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Perlu dipahami dan dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung selama bulan Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing.
Petunjuk penggunaan aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain..
1. Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
2. Kata Sandi/Password
3. Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
4. Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika ada)
5. Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data pendukung tersebut, berikut ini langkah langkah melakukan aktivasi akun untuk login sekolah oleh operator sekolah melalui layanan Padamu Negeri.
Pertama, buka DISINI lalu pilih dan klik menu Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar dibawah…
Di halaman tersebut terdapat kotak untuk mengisikan User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan.
Silahkan Masukkan SIAP ID dan Kode Aktivasi yang ada di surat Akun Padamu Negeri;
Selanjutnya akan menuju menu Administrator, pada menu ini isilah dengan
lengkap data administrator atau operator sekolah berupa nama lengkap,
jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Kalau
sudah diisi kemudian klik tombol Lanjut…
Akan masuk di halaman profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap
seperti NPSN, status, nama kepala sekolah, alamat sekolah, nomor
kontak, email dan website. Lalu klik tombol lanjut…
Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari tempat di google map. Untuk memudahkan pencarian lokasi silahkan klik "Satelit" di pojok kanan atas, lalu klik tombol lanjut…
Jika sudah melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman konfirmasi. Sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan dan selasai.
Demikian cara Aktivasi Akun Sekolah. Jika berhasil melakukan aktivasi akun sekolah, maka proses VerVal NUPTK 2013 sudah dapat dilaksanakan. Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan, salam persahabatan.
Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari tempat di google map. Untuk memudahkan pencarian lokasi silahkan klik "Satelit" di pojok kanan atas, lalu klik tombol lanjut…
Jika sudah melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman konfirmasi. Sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan dan selasai.
Demikian cara Aktivasi Akun Sekolah. Jika berhasil melakukan aktivasi akun sekolah, maka proses VerVal NUPTK 2013 sudah dapat dilaksanakan. Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan, salam persahabatan.
butuh berapa lama untuk pengajuan akun sekolah?
BalasHapus