Konten Islami

Semoga Kita Jadi PNS

Login Internt Banking

Login Net Banking BSM

Login Intrnet Mandiri

Ingat Waktu Sholat

Yang Mampir di Blog

Login Ke Facebook

Login Ke Yahoo Mail

Cek Info Sertifikasi

Cek Info Sertifikasi
Klik Gambar Untuk Jelajahi
Home » » Cara Pelaporan Bos On Line Melalui www.bos.kemdikbud.go.id

Cara Pelaporan Bos On Line Melalui www.bos.kemdikbud.go.id

Assalamualaikum wr wb. Salam hormat kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta pembaca yang budiman dimanapun berada. Pelaporan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) disetiap sekolah penerima, harus melaporkan pertanggungjawabannya kepada pemerintah daerah/provinsi/pusat secara berkesinambungan. Hal-hal yang harus dilaporkan antara lain :
1. Formulir BOS-K1
2. Formulir BOS K-2
3. Formulir BOS K-7
4. Formulir BOS K-7a (formt ini berlaku mulai tahun 2013 secara on line)
5. Lampiran Formulir BOS K-7
Pelaporan dana BOS tersebut dilaporkan secara off line dan secara on line. Nah pada kesempatan yang baik ini Dwi Giono's Blog akan sedikit berbagi tentang pelaporan dana BOS secara on line melalui www.bos.kemdikbud.go.id.
Nah di bawah ini merupakan tata cara pelaporannya, disimak ya???
1. Langkah pertama ketik www.bos.kemdikbud.go.id pada searc engine mozzila atau yang lain (tentunya internetnya harus konek dulu ya....), atau bisa klik DISINI , maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Untuk memperbesar silahkan klik gambarnya.
 2. Klik penggunaan dana perkomponen, maka akan tampil sebagai berikut:
 3. Pilih sekolah, kemudian akan muncul tampilan berikut:
4. Silahkan pilih provinsi, Kabupaten/kota, Jenjang Sekolah dan tahun, (untuk sekolah tidak perlu dipilih karena daftar sekolah yang ada, adalah sekolah yang sudah terdaftar dan sudah melakukan pelaporan secara on line, setelah sekolah bapak/ibu melakukan pelaporan secara secara on line, outomatis sekolah bapak/ibu muncul pada tab sekolah tersebut) Ok lanjut dengan memasukkan kode registrasi sekolah (kode registrasi adalah kode registrasi yang digunakan pada Aplikasi Dapodik) dilajutkan dengan memasukkan pasword (silahkan masukkan NPSN disekolah bapak/ibu sebagai paswordnya) kemudian klik masuk, maka akan tampil sebagai berikut:
 5. Silahkan ubah tahun dan triwulan sesuai keadaan yang akan dilaporkan, dilanjutkan klik ubah, maka akan tampil sebagai berikut:
6. Saatnya bapak/ibu memasukkan jumlah dana BOS sesuai triwulan yang dilaporkan, serta memasukkan jumlah pengeluarannya di 13 komponen pengeluaran (untuk mengetahui jumlah di 13 komponen bapak/ibu harus menyelesaikan dulu Format BOS K-7a), jika ke 13 komponen terisi dan dipastikan telah benar, maka lanjutkan klik simpan, selesai dan selamat mencoba.
Demikian sedikit yang saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat.

34 komentar:

  1. Makasih pak infonya................sllu Update untuk program terbaru.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah pak, terimaksih telah berkunjung, makin keren tuh pak blognya SDN 1 Mojokerto" maju terus dan salam blogers

      Hapus
  2. SDN WONOKERTO 27 Juni 2013 08.23

    kalo misalkan sudah on line pengiriman laporan bos tri wulan 1 Tahun 2013 , caranya ngecek data tersebut sudah di terima,oleh pusat bagaimana???? yack" pak,,mohon di bantu,,caranya?? trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengecek data yang telah bpk/ibu buat silahkan merujuk pada link berikut disini dan terimaksih telah berkunjung

      Hapus
  3. kalo nama sekolahnya ga ada bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sekolah bpk/ibu belum pernah melakukan pelaporan bos secara online, coba terlebih dulu laporkan bos secara online secara outomatis nama sekolah akan muncul di daftar nama sekolah, semoga membantu

      Hapus
  4. wah sangat membantu pak admin...oy boleh belajar cara buat blog yg manis seperti ini?
    ajarin sy dong pak..?
    ni email saya.." samsulacehtamiang@mail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jdi tersandung nih pak samsul Bahri....blog gini kok dibilang manis ??? saya juga masih belajar kok pak, sesuai judul di atas "blognya guru honor yang sedang belajar dan ingin berbagi", terimakasih sudah berkunjung dan sy simpan email bpk

      Hapus
  5. SDN WONOKETINGAL 124 Juli 2013 09.23

    Pelaporannya bos k7 kok eror terus gimana? pa karena salah memasukkan tahun dan triwulannya ? karena waktu memasukkan ada kesalahan itu? mohon infonya'''

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan Kode registrasi yang bpk/ibu masukkan sama dengan kode registrasi aplikasi pendataan dapodik sekolah, lebih baik dicopi paste agar lebih akurat, bisa jadi antara "0" (nol) dan "O" (odol), sama dsb, selanjtnya NPSN tdk pas, bisa jadi disekolah tsb memiliki NPSN ganda coba saja satu persatu, semoga dapat membantu dan terimaksih telah berkunjung

      Hapus
  6. Mulai 3 agustus sy coba masuk pke registrasi dapodik udah ga bisa pak,apa krn sdh mulai libur?panik pak,sy blm isi k7a online. bkn krn salah password,krn yakin benar. mohon pencerahanny. byk trmksih

    BalasHapus
  7. asssalaamu alaikum, kami tdk tau cara login dgn menggunakn nomor registrasi, kami agak asing mendengar kata aplikasi pendataan dapodik, kami dari madrasah dibawah naungan kemenag, apkah masuk aplikasi itu? bagaimana cara mendapatkan nomor registrasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tlg krm solusinya ke email
      man.namsik@gmail.com

      Hapus
    2. walaikumsalam ww, iya pak memang untuk tahun 2012 kemenag blm dibagi aplikasi dapodik jadi tidak memiliki no registrasi, silahkan hub. pihak kab/kota untuk info lebih lanjutnya pak.

      Hapus
  8. kode registrasi yang di gunakn yang tahun 2012/2013 atau dapodik 2013/2014 pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba ke dua nya pak, sewaktu postingan ini dibuat masih memakai kode 2012, kode dapodik 2013 untuk wilayah kami blm dibagi dari dinas.

      Hapus
  9. kalo kita sudah laporan online seperti ini, apakah kita harus laporan manual lagi ke dinas kab/kota, atau ke provinsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pk taufik, kita tetap membuat laporan off line berupa formt K7a ke UPTD Kecamatan, kemudian UPTD akan merekap menjadi K8 untuk disetor ke Kab/kota, selanjutnya Kab/kota akan merekap dari seluruh UPTD menjadi K9 untuk disetorkan ke provinsi.

      Hapus
  10. Saya sudah coba sesuai langkah2, tapi stlh memasukkan kode registrasi dan NPSN, tapi kembali k halaman awal.

    BalasHapus
  11. Saya krm fax ke dana bos, brp nmr faxnya....

    BalasHapus
  12. loginnya pake no reg dapodik yang lama ato dapodikdas 2013 ?

    BalasHapus
  13. setelah buka situs bos lewat blog ini dan klik "penggunaan dana perkomponen" langsung terbuka "rekap penggunaan dana nasional tahun 2014" dan tidak muncul seperti urutan no.2 (klik sekolah), sekolah saya belum pernah melakukan pelaporan online gimana ya...............mohon bantuannya dikirim ke email 4rifr4@gmail.com, Trima kasih !

    BalasHapus
  14. terimakasih banyak pak infonya :)

    BalasHapus
  15. mohon solusinya ,, SEKOLAH GAGAL LOGIN, SETELAH ngisi Reg AL3FOTEBC dan Pasword 30405429,,,, padahal itu data reg dapodik 2012,,,,, kalau ada perubahan Reg sekolah kami mohon kirim ke e-mail riduan171@yahoo.co.id.... mohon bantuannya,,,

    BalasHapus
  16. wah saya sangat terbantu dengan artikel ini. mudah mudahan pelaporan saya bisa lancar

    BalasHapus
  17. selamat menjalankan aktivitas kembali http://goo.gl/ut6S8u

    BalasHapus
  18. Makasih Pak. Ini sangat membantu

    BalasHapus
  19. Mohon solusi y...sekolah kmi tidak bsa login....karena lupa kode registrasi....karna ganti operator....

    BalasHapus
  20. assalamualaikum...pak saya sudah kasi masuk kode registrasi nya dan npsn tapi masih saja gak bisa masuk katax username/pasword salah

    BalasHapus
  21. kami coba buka kok tampilanya berbeda? gak sama dengan contoh/ tolong solusinya>

    BalasHapus
  22. EMANGnya pelaporan bos ada "K" sampai berapa 7 saja ya? tidakkah sampai K-8?

    BalasHapus
  23. MAS link nya gak bisa di buka.... apa udah berubah ya

    BalasHapus
  24. online ko repot bangat ya udah ulang-ulang kali saya online tapi ng jadi trus

    BalasHapus

*****Assalamualaikum ww. Pengunjung Dwi Giono's Blog yang Budiman, Monggo Berkomentar Yang Membangun, Serta Laporkan Segala Ketidaknyamanan Anda Sewaktu Berkunjung. Mohon Maaf Jika Komentar Anda Belum Sempat Saya Balas dikarenakan Kekurangan Pengetahuan saya dan Suatu Hal Lain, Yang Jelas Tidak Ada Niat Untuk Mengecewakan Anda. Jika Sobat Berniat Baik dan Ingin Berbagi Demi Kemajuan Blog Ini, Silahkan Sampaikan Ke 085379591213. Terimakasih*****